Ojok Kemaruk

175 dibaca

Oleh: Mahmud Suhermono
(JTV Surabaya)
Perkembangan pandemi Covid-19 di Jawa Timur, masih sangat – sangat mengkhawatirkan. Data hari ini (Rabu, 17 Juni 2020) hingga pukul 12.00 WIB, ada tambahan 225 kasus, melebihi DKI Jakarta 127.

Artinya kita masuk jauh dari kriteria zona kuning, apalagi hijau, sebagai prasyarat untuk memasuki era new normal.

Menghadapi situasi dan kondisi seperti di atas, hendaknya kita jangan “kemaruk” (keinginan yang berlebihan) untuk mengadakan kegiatan pengumpulan massa, baik untuk kegiatan sosial, politik, akademis, olahraga, budaya atau hanya sekedar hiburan.

Potensi penularan masih cukup tinggi dan kita tidak tahu seperti apa kondisi orang di sebelah kita. Sebab, OTG (orang tanpa gejala) masih banyak beraktivitas tanpa menyadari bahwa Dia bisa menulari orang lain.

Meski sudah banyak kelonggaran yang diberikan oleh para pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan, kita harus tetap hati-hati menyikapinya. Jangan kemudian larut dan seolah-olah sekarang kita boleh dan bisa melakukan kegiatan seperti masa lalu. Masa dimana pandemi Covid-19 belum menyambangi bumi pertiwi.

Tetap jaga diri, keluarga, sanak saudara dan kawan-kawan, agar tidak tertular. Tingkatkan imun tubuh, pakai masker, sering cuci tangan, konsumsi vitamin dan yang penting hindari kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Rumah sakit rujukan sudah penuh, kewalahan menampung pasien yang tiap hari terus bertambah.(**)