HAUL ke-15 Tuan Guru Sekumpul

203 dibaca

Jelang puncak haul ke-15 Guru Sekumpul pada Minggu (1/3/2020) nanti, rombongan jamaah dari berbagai daerah di mulai masuk kawasan Sekumpul, Martapura.
Rombongan yang datang, umumnya berasal dari luar daerah yang sudah datang sejak hari ini. Baik dari Kaltim, Kalbar, dan Jawa. Bahkan kabarnya, rombongan dari Papua sudah dalam perjalanan menggunakan mobil menuju lokasi haul.
Pantauan kanalkalimantan.com, sejumlah kendaraan roda empat nopol luar daerah seperti KT (Kalimantan Timur), KH (Kalimantan Tengah), L (Jawa Timur) dan lainnya sudah mulai banyak berseliweran di jalanan utama jalur A Yani. Termasuk yang parkir di sejumlah penginapan, hotel, ataupun lapangan yang sudah di sediakan oleh panitia.
Kawasan sekitar Sekumpul sudah mulai padat dan sibuk. Termasuk oleh persiapan yang dilakukan panitia dalam menyambut jemaah yang datang dari berbagai lokasi. Baik menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4.
Sufian, salah satu rombongan asal Kaltim yang sempat ditemui Kanalkalimantan.com mengatakan, baru masuk ke wilayah Kabupaten Banjar hari ini. Ia mengatakan datang bersama menggunakan sejumlah kendaraan. “Masih banyak rombongan lain yang masih dalam perjalanan,” katanya.
Diprediksi, jumlah jamaah pada haul ke-15 tahun 2020 ini akan lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Karena itu pula Pemerintah Kabupaten Banjar dan Pemprov Kalsel juga terus berupaya membantu relawan demi kelancaran pelaksanaannya acara. Di antaranya dalam hal penyediaan tempat inap bagi jemaah haul.
Sebelumnya, menyambut kedatangan jamaah, Polda Kalsel beserta sejumlah Polres jajaran dan instansi terkait melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan, di Alun-Alun Ratu Zalecha, Martapura, Selasa (25/2/2020) pagi.
Kegiatan apel gelar pasukan pengamanan Haul ke-15 Guru Sekumpul tersebut dipimpin oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Aneka Pristafuddin. Wakapolda yang membacakan amanat mewakili Kapolda Irjen Yazid Fanani mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya.
“Pengamanan ini merupakan kegiatan keagamaan yang bertempat di Kelurahan Sekumpul Kecamatan Martapura, adapun pengamanan yang akan digunakan yaitu pengamanan terbuka dan tertutup, mengingat tamu atau jamaah yang akan mengikuti kegiatan haul tersebut diperkirakan mencapai dua juta orang lebih,” ucapnya.
Wakapolda Kalsel berharap kepada seluruh personel Polri, TNI, instansti terkait dan relawan masyarakat yang terlibat memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar terhadap jalannya seluruh rangkaian kegiatan.
“Mengingat bahwa pentingnya pengamanan kegiatan Haul Guru Sekumpul ini, maka sudah sepatutnya selaku tuan rumah dan sekaligus sebagai penanggung jawab keamanan kita harus mampu menjaga stabilitas keamanan sehingga berbagai potensi kerawanan dapat di antisipasi serta tangani secara cepat dan tepat,” ujarnya.
Bupati Banjar, KH. Khalilurrahman menginstruksikan kesiapan untuk menyikapi masyarakat yang akan datang diperkirakan hampir dua juta orang.“Perlu pengamanan ekstra ketat karena mengingat masyarakat yang akan datang lebih banyak dari tahun sebelumnya,” ujarnya.
Adapun petugas yang dikerahkan oleh Kapolda dalam rangka pengamanan Haul nantinya sekitar 25.334 personel gabungan TNI-Polri, instansi terkait, serta para masyarakat relawan Haul Abah Guru Sekumpul. Pengamanan itu nantinya juga akan dilangsungkan selama 3 hari, mulai tanggal 29 Februari hingga 2 Maret 2020.
Kabupaten Banjar selaku tuan rumah sendiri mengerahkan personel yang terdiri dari 845 personel Polres Banjar, 400 personel TNI, 550 personel Satpol PP dan Damkar, 150 personel Dishub, 1.100 personel Dinkes, 175 personel PLN, 25 personel BPBD, 20 personel Senkom dan kurang lebih 21 ribu relawan lainnya.
Tak hanya Kabupaten Banjar, Polda Kalsel juga mengerahkan bantuan kekuatan sebanyak 1.052 orang terdiri dari 560 personel Polda Kalsel, 200 personel Polresta Banjarmasin, 275 personel Polres Banjarbaru, 25 personel Polres Batola, 72 personel Polres Tanah Laut, 60 personel Polres Tapin.

Sapi Limousin
Guna mendukung Haul Ke-15 Abah Guru Sekumpul, sama seperti tahun sebelumnya H Saidi Mansyur menyerahkan sebanyak 30 ekor sapi jenis Limousin.
Jumat (28/2/2020) Saidi langsung ke Gang Taufik, Sekumpul dan menyerahkan tujuh ekor sapi dan diterimakan perwakilan Posko setempat, H Toni.
“Alhamdulillah, secara pribadi pada hari ini tujuh ekor sapi limousin telah kita serahkan kepada relawan haul pada salah satu dapur umum di Gang Taufik Sekumpul,” ujar Saidi.***