MAKANAN KAYA ANTIOKSIDAN

174 dibaca

Antioksidan mampu melindungi diri kita dari bermacam penyakit dan bisa memperlambat proses penuaan. Ini karena Antioksidan bekerja dengan melawan radikal bebas yang bisa membahayakan sel-sel dalam tubuh.

Jika kadar antioksidan dalam tubuh Anda rendah, maka stres oksidatif bisa terjadi dan ini akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker. Karena itu, untuk menjaga tubuh serta sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka Anda harus mendapatkan banyak antioksidan setiap hari. Berikut beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Brokoli

Brokoli mengandung sumber yang paling terkonsentrasi dari vitamin C, nutrisi antioksidan utama. Vitamin C memberikan dukungan metabolisme oksigen tubuh dan menurunkan risiko peradangan kronis serta risiko kanker. Bila itu tidak cukup, brokoli mengandung beberapa karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan utama.

Aprikot

Aprikot mengandung karotenoid dan vitamin A yang diperlukan untuk pertumbuhan sel dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga baik untuk penglihatan Anda, kaya kalium dan serat.

Raspberry

Berry kecil ini kaya akan antioksidan tertentu yang tidak bisa ditemukan dalam makanan lain. Selain tingkat tinggi vitamin C dan anthocyanin, raspberry mengandung serat untuk kesehatan jantung.

Ceri

Buah kecil ini kaya akan queritrin dan asam ellagic yang mampu melawan sel-sel kanker dalam tubuh untuk mencegah kanker berkembang.

Semangka

Semangka sebenarnya adalah makanan padat nutrisi yang kaya akan antioksidan, vitamin C dan lycopene yang berhubungan dengan penurunan risiko kanker prostat.

Artichoke

Artichoke mengandung polifenol antioksidan termasuk quercetin yang membantu melawan kanker dan penyakit jantung serta mengandung anti-inflamasi, anti-alergi dan antosianin yang membantu kesehatan saluran kemih dan fungsi memori.

Blueberry

Mungkin salah satu makanan kaya antioksidan yang paling umum dikenal. Untuk blueberry, kekuatan antioksidan mereka berasal dari pigmen biru yang melindungi terhadap peradangan, penyakit alzheimer dan penyakit degeneratif lainnya.

Bayam

Bayam kaya akan serat, kalium dan beberapa vitamin. Bayam juga kaya akan luten karotenoid dan zeaxanthin yang melindungi mata dari kerusakan, melawan katarak dan yang berkaitan dengan degenerasi makula.

Jeruk

Anda mungkin sudah tahu bahwa jeruk kaya akan vitamin C, tapi jeruk juga mengandung antioksidan yang larut dalam air dalam tubuh. ***