Khasiat Jengkol Makanan Asli Betawi

86 dibaca

Masyarakat Betawi sudah lama mengkonsumsi Jengkol. Boleh dibilang rasanya seperti makan ayam. Oleh karena itu, menjadi makanan khas Betawi. Ingin tahu khasiatnya. Berikut

Archidendron pauciflorum atau biasa dikenal dengan jengkol merupakan jenis kacang-kacangan yang tumbuh di daratan Asia Tenggara. Di Myanmar, jengkol sering dipanggang dan dimakan bersama acar ikan dan nasi, sedangkan di Indonesia jengkol sering diolah menjadi rendang dan sambal.

Terlepas dari baunya yang menyengat, sebenarnya jengkol menyimpan segudang manfaat lho. Hhmmm…apa saja ya?

1. Mempercepat perbaikan jaringan tubuh yang rusak

Kandungan proteinnya yang tinggi mampu mempercepat perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Fyi, kandungan protein dalam jengkol lebih banyak daripada kacang hijau, lho.

2. Jengkol juga bisa mencegah anemia

Jengkol kaya kandungan zat besi yang berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah dalam darah. Bagus nih buat kamu yang punya anemia atau kekurangan darah.

3. Memperkuat struktur tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis

Sebagai tambahan, jengkol juga kaya kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah elemen penting pembentuk tulang, yang bisa kamu dapatkan dengan mudah jika mengonsumsi jengkol.

4. Menangkal radikal bebas dalam tubuh

Kandungan vitaminnya juga banyak, antara lain vitamin A, B1, B2, B6, dan C. Vitamin A dan C dikenal sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas, yang selama ini menjadi salah satu biang kerok penyebab kanker.

5. Sering konstipasi? Coba makan jengkol, deh

Biasanya ibu hamil sering mengalami konstipasi. Kandungan serat dalam jengkol akan membantu sistem pencernaan dalam usus. Tapi, jangan terlalu banyak juga, karena asam yang terkandung di dalamnya tak bisa larut jika tercampur air. Sehingga bagi penderita gangguan ginjal, makan jengkol bukanlah pilihan yang tepat.

6. Bisa menstabilkan organ vital dalam tubuh

Organ vital dalam tubuh akan berfungsi maksimal ketika asam folat dan vitamin B6 dalam jengkol dicerna dengan sempurna. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk sesekali mengonsumsi jengkol, supaya perkembangan janin bisa optimal.

7. Selain itu, jengkol juga mampu menetralkan kadar gula dalam darah.

Salah satu keuntungan lain jengkol adalah mampu mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga aman untuk penderita diabetes.

Husnu Mufid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here