Tuahnya Sanggup Lancarkan Rizeki

4 views

Sebilah pusaka sepuh tangguh Majaphit bernama Keris Dapur Bethok Brojol Pamor Buntel Mayit. Keberadaan tosasan aji ini miliki tuah cukup ampuh. Di antaranya memperlacar rizeki dan mampu menciptakan keberuntungan bagi pemiliknya. Berikut tulisan Zuli dari posmonews.com.

Kerizekian dan keberuntungan, itulah sawab yang bersemayam pada sekujur bilah Keris dapur  bethok brojol pamor buntel mayit. Dalam jagat perkeriskan, pusaka yang satu ini tergolong keris sepuh. Apa sebab, karena dibuat pada masa Kerajaan Majapahit oleh Empu Supo. Diketahui, Empu Supo adalah salah satu empu yang sangat kondang dimasa itu. Semua buah karyanya, diyakini miliki sawab tinggi sehingga banyak disuka oleh para raja dan keluarga istana lainnya.

Keris hasil garapan Empu Supo selain hasil tempaannya  yang bagus,juga memiliki tuah sangat tinggi. Atas dasar itulah semua keris yang berasal pada jaman itu, sampai saat ini meski telah berusia ratusan tahun bentuknya masih bisa dibilang utuh.

“Keris dapur bethok brojol ini  terbilang sepuh, karena dibuat pada era Empu Supo di Majapahit. Keris ini tuahnya bisa   menderaskan dan  mempermudah rejeki bagi siapa saja yang memilikinya,” ujar Embah Brojol pemerhati tosan aji. Pria yang juga sebagai ketua Tim SERI ini menambahkan, bahwa keris tersebut sangat  cocok dimiliki oleh mereka yang berprofesi sebagai pedagang atau pengusaha. Karena akan melariskan dagangan, atau mempermudah untuk mendapatkan tender,” katanya. Namun sambung   Mbah Brojol, sebilah keris sejatinya hanyalah sebagai perantara, karena berfungsi atau tidaknya tuah keris bagi pemegangnya,sepenuhnya tergantung dari kehendak Yang Maha Kuasa.

Keris sebutnya merupakan  manifestasi atau perwujudan permohonan dari sang empu  kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan keberadabaan keris bagi diri seseorang  selain mensugesti pemiliknya, juga menyeimbangkan energi yang ada dalam diri pemegangnya. Dan adanya keseimbangan energi inilah yang pada akhirnya membuat pemegang keris menjadi memiliki sesuatu yang beda bila dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki keris.

 Wujudnya Lebih Pendek

Maka bukanlah suatu hal yang mengherankan apabila seseorang yang memiliki keris dengan yang tidak terlihat seperti ada garis pembeda yang sangat jelas jika dikaji secara ilmu spiritual. Kemudian selain tuahnya yang diyakini mampu melancarkan sekaligus mendatangkan rejeki, Keris bethok brojol ini juga punya keunikan tersendiri. Yakni bentuknya  lebih pendek disbanding dengan keris lain.

Ciri lain adanya sidik jari pada bilah keris. Keberadaan sidik jari ini membuat keris sangat  sulit untuk ditiru. Sebab, yang melakukannya adalah empu pembuat keris itu sendiri. Tertinggalnya sidik jari dari sang  empu, membuat keris tertsebut  termasuk jenis keris pijetan, yang berarti keris ini selain dibuat dengan cara menempa juga ‘dipijat’oleh sang empu saat bilah keris masih dalam keadaan panas.

Hal ini pastinya sangat sulit dilakukan oleh orang-orang pada masa sekarang, hanya orang-orang pilihan dengan kemampuan tinggilah yang mampu membuat keris dengan tehnik semacam ini. Unsur penyusun keris dan kapasitas pembuat keris yang pilih tanding ini telah menjadikan keris bethok brojol dengan pamor buntel mayit ini banyak dicari oleh pencinta keris demi kelancaran usaha yang tengah dijalankannya. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here