TIPU DAYA SETAN

2 views

Setan mempunyai tipu daya hebat untuk menggoda manusia agar melakukan perbuatan dosa besar. Cerita berikut ini adalah salah satu contoh yang diriwayatkan dari Nabi SAW.

Setan mendatangi seorang gadis dan mencekik gadis itu sehingga tak sadarkan diri. Setelah melakukan perbuatan itu, setan mendatangi keluarga korban dan membisikkan ke hati keluarga itu bahwa obat yang dapat menyembuhkan gadis itu ada pada seorang rahib dari bani Israel.

Keluarga gadis segera mencari rahib yang dimaksud setelah mereka menemukannya, dibawalah si gadis kepada rahib. Tetapi rahib menolak menerima gadis itu. Meskipun ditolak, keluarga gadis terus-menerus mendesak, sehingga maulah ia mengabulkan harapan keluarga untuk mengobati korban. Akhirnya sang rahib mengalah. Terpaksalah ia menerima gadis itu.

Keluarga gadis segera meninggalkan gadis pada rahib. Sewaktu keluarga gadis telah tak ada dan rahib sudah bersiap akan mengobatinya, datanglah setan membisikkan agar ia mau berbuat tak senonoh kepada si gadis. Rahib terus-menerus digoda sehingga ia akhirnya tak kuasa menampik bujukan setan. Rahib menyetubuhi sang gadis yang seharusnya ia obati. Akhirnya, gadis malang itu pun berbadan dua. Waktu gadis malang itu telah hamil, setan datang lagi menemui rahib. Ia terus-menerus membisikkan dan menakut-nakuti rahib.

“Sekarang akan terbongkar rahasiamu. Bila keluarga gadis itu datang mengambil anaknya kembali, tentu mereka akan mengetahui perbuatan ini. Bunuh saja gadis itu! Nanti bila keluarganya datang bilang saja ia sudah mati.” Demikian rayu setan kepada rahib. Akhirnya, rahib itu membunuh gadis malang tadi. Mayat gadis tersebut ia kuburkan.

Setan segera mendatangi keluarga gadis dan membisikkan ke hati mereka bahwa rahib telah menodai anak mereka sehingga hamil dan akhirnya membunuhnya. Ramai-ramailah keluarga gadis mendatangi rahib dan menanyakan gadisnya. Rahib menjawab seperti yang dibisikkan setan kepadanya.

“Ia sudah mati!”

Keluarga gadis marah besar dan serempak menangkap sang rahib. Mereka berniat segera membunuh rahib sebagai balasan atas kematian anak gadis mereka. Pada waktu itu pula setan datang dan berkata pada rahib. “Akulah yang telah mencekik gadis itu. Aku juga yang sudah membisikkan ini dan itu kepada keluarga gadis. Bila kamu mau selamat, maka satu-satunya cara adalah agar kamu mau patuh kepadaku. Kamu akan bisa aku bebaskan dari pembalasan mereka!”

“Dengan apa?” tanya sang rahib pada setan

“Sujudlah kepadaku dua kali!”

Rahib itu pun segera bersujud dua kali kepada setan. Setan lalu berkata: “Aku bebas daripada perbuatanmu!” ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here